Senin, 30 Januari 2012

RPP Personal Letter


Nah, Buat Para Teman2 yang ngajar Bahasa Inggris dengan materi Personal letter, Kalian bisa menggunakan RPP ini untuk referensi bagi kalian. Semoga Bermanfaat

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah      : SMPN 10 PADANG
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Skill                       : Reading
Kelas/Semester    : IX/1
Pertemuan ke        : 
Alokasi Waktu      : 2x 40 menit

Standar Kompetensi
   5. Reading
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam essay pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk Personal Letter. 
Indikator Pencapaian
1        Menemukan jenis teks.
2        Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
3        Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
4        Menemukan tujuan penulisan personal letter.
5        Menemukan Bagian-bagian dari personal letter.
1.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa diharapkan mampu:
a.       Menemukan jenis teks.
b.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
c.       Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
d.      Menemukan tujuan penulisan personal letter.
e.       Menemukan Bagian-bagian dari personal letter.

2.    Materi pokok/ Teaching Material

221, NC Street
Hometown School  
20th September 2011

Dear Mr. Rossini,
I want to thank you for allowing me to meet with you during your visit to Hometown High School this past week. I feel that your input about the College Hometown and about college in general is valuable information for me to use during my college career.

I have been a part of Hometown High School baseball team for three years and I look forward to be able to play baseball while I attend college. I have followed Hometown College baseball team for many years and admire their accomplishments, as well as the achievement of the overall exercise program.

With this in mind, I want to ask if there are scholarships for incoming freshmen want to play sports. If there is available, what are the requirements and how do I apply for them?

 Sincerely,


Mark Roman
·         Where does the writer’s address?
·         Why does the writer say thank you to Mr. Rossini?
·         Who followed Hometown Baseball team?
·         What does the writer want to know?
·         I want to thank you for allowing me to meet with you….(Paragraph 1, line 1)
You, refers to?
3.    Metode Pembelajaran : Three Phases Technique
4.    Alokasi Waktu              : 2X40 Menit
5.    Langkah-langkah Kegiatan
a)   Kegiatan awal
                    i. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti  proses pembelajaran
·      Greet the students
·       Check the attendance list of class
                  ii. Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari.
                iii. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai setelah mempelajari personal letter.
                iv. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
                  v.  Guru memberikan sebuah personal letter dan meminta siswa untuk mengidentifikasi informasi apa  yang ada dalam personal letter tersebut

b)     Kegiatan inti
Ekplorasi
a.    Guru meminta siswa untuk memperhatikan teks yang telah diberikan.
b.    Guru membacakan personal letter dan meminta siswa untuk melanjutkannya dalam waktu yang dibatasi.
c.    Siswa membaca personal letter.
d.   Siswa diminta untuk mengidentifikasi kata-kata sulit yang ada dalam teks.
· Hometown                Overall
· Valuable                    Scholarship
· Admire                      Freshmen
· Accomplishment       Requirement

Elaborasi
a.    Siswa dengan dibimbing guru bersama-sama untuk mendiskusikan isi teks (personal letter)
b.    Siswa menyebutkan beberapa informasi yang mereka baca dari teks (personal letter)
c.    Guru menuliskan beberapa pertanyaan di papan tulis yang berhubungan dengan teks yang telah dibaca dalam waktu yang dibatasi.
d.   Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan tersebut.
e.    Guru memonitor aktifitas siswa.
f.     Guru menyuruh siswa mendiskusikan jawaban yang telah ditulis.   
g.    Guru memberikan tugas dalam LKS Task Page yang berkaitan dengan materi.
h.    Guru memonitor kerja siswa.
i.      Guru menjelaskan kembali tentang bagian-bagian dari personal letter.
Konfirmasi
a.    Guru meminta siswa melakukan elaborasi atas teks (personal letter) yang diberikan dengan menemukan bagian-bagian dari personal letter.
b.    Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview bagian-bagian personal letter  yang telah dipelajari
c.    Guru memberikan appresiasi atas pencapaian siswa.
c)      Kegiatan Akhir
a.    Guru memancing siswa untuk membuat rangkuman berdasarkan pemahaman mereka sendiri secara lisan.
b.    Guru memberikan penilaian atas pencapaian siswa.
c.    Guru memberikan komentar yang membangun bagi kemajuan siswa.
d.   Guru memberikan tugas rumah (homework) kepada siswa berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
6.    Sumber pembelajaran
a)    LKS (English Students Worksheet for Innovative Learning)
b)   An Example of Personal letter from http//www.google.com//
7.    Penilaian (Reading)
·         Bentuk: Questioning
8.    Evaluasi
Kisi-Kisi Soal
5
Reading
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam essay pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk Personal Letter
Siswa mampu dengan benar:
1.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
2.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
3.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
4.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
5.      Mengidentifikasi acuan kata tertentu dalam teks dengan benar.  






Presentasi tulisan
No
Elemen yang dinilai
Skor Maksimal
Penilaian
Peserta didik
1
Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.


25

2
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

3
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

4
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

5
Mengidentifikasi acuan kata tertentu dalam teks dengan benar. 


25


Total Skor
100



Padang, 20 September 2011
Mengetahui,
Kepsek                                                                                   Guru Bahasa Inggris,


                                                                                                   (Ilga Sunanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama:
Alamat: