Senin, 30 Januari 2012

RPP Personal Letter


Nah, Buat Para Teman2 yang ngajar Bahasa Inggris dengan materi Personal letter, Kalian bisa menggunakan RPP ini untuk referensi bagi kalian. Semoga Bermanfaat

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah      : SMPN 10 PADANG
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Skill                       : Reading
Kelas/Semester    : IX/1
Pertemuan ke        : 
Alokasi Waktu      : 2x 40 menit

Standar Kompetensi
   5. Reading
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam essay pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk Personal Letter. 
Indikator Pencapaian
1        Menemukan jenis teks.
2        Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
3        Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
4        Menemukan tujuan penulisan personal letter.
5        Menemukan Bagian-bagian dari personal letter.
1.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa diharapkan mampu:
a.       Menemukan jenis teks.
b.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
c.       Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
d.      Menemukan tujuan penulisan personal letter.
e.       Menemukan Bagian-bagian dari personal letter.

2.    Materi pokok/ Teaching Material

221, NC Street
Hometown School  
20th September 2011

Dear Mr. Rossini,
I want to thank you for allowing me to meet with you during your visit to Hometown High School this past week. I feel that your input about the College Hometown and about college in general is valuable information for me to use during my college career.

I have been a part of Hometown High School baseball team for three years and I look forward to be able to play baseball while I attend college. I have followed Hometown College baseball team for many years and admire their accomplishments, as well as the achievement of the overall exercise program.

With this in mind, I want to ask if there are scholarships for incoming freshmen want to play sports. If there is available, what are the requirements and how do I apply for them?

 Sincerely,


Mark Roman
·         Where does the writer’s address?
·         Why does the writer say thank you to Mr. Rossini?
·         Who followed Hometown Baseball team?
·         What does the writer want to know?
·         I want to thank you for allowing me to meet with you….(Paragraph 1, line 1)
You, refers to?
3.    Metode Pembelajaran : Three Phases Technique
4.    Alokasi Waktu              : 2X40 Menit
5.    Langkah-langkah Kegiatan
a)   Kegiatan awal
                    i. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti  proses pembelajaran
·      Greet the students
·       Check the attendance list of class
                  ii. Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari.
                iii. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai setelah mempelajari personal letter.
                iv. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
                  v.  Guru memberikan sebuah personal letter dan meminta siswa untuk mengidentifikasi informasi apa  yang ada dalam personal letter tersebut

b)     Kegiatan inti
Ekplorasi
a.    Guru meminta siswa untuk memperhatikan teks yang telah diberikan.
b.    Guru membacakan personal letter dan meminta siswa untuk melanjutkannya dalam waktu yang dibatasi.
c.    Siswa membaca personal letter.
d.   Siswa diminta untuk mengidentifikasi kata-kata sulit yang ada dalam teks.
· Hometown                Overall
· Valuable                    Scholarship
· Admire                      Freshmen
· Accomplishment       Requirement

Elaborasi
a.    Siswa dengan dibimbing guru bersama-sama untuk mendiskusikan isi teks (personal letter)
b.    Siswa menyebutkan beberapa informasi yang mereka baca dari teks (personal letter)
c.    Guru menuliskan beberapa pertanyaan di papan tulis yang berhubungan dengan teks yang telah dibaca dalam waktu yang dibatasi.
d.   Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan tersebut.
e.    Guru memonitor aktifitas siswa.
f.     Guru menyuruh siswa mendiskusikan jawaban yang telah ditulis.   
g.    Guru memberikan tugas dalam LKS Task Page yang berkaitan dengan materi.
h.    Guru memonitor kerja siswa.
i.      Guru menjelaskan kembali tentang bagian-bagian dari personal letter.
Konfirmasi
a.    Guru meminta siswa melakukan elaborasi atas teks (personal letter) yang diberikan dengan menemukan bagian-bagian dari personal letter.
b.    Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview bagian-bagian personal letter  yang telah dipelajari
c.    Guru memberikan appresiasi atas pencapaian siswa.
c)      Kegiatan Akhir
a.    Guru memancing siswa untuk membuat rangkuman berdasarkan pemahaman mereka sendiri secara lisan.
b.    Guru memberikan penilaian atas pencapaian siswa.
c.    Guru memberikan komentar yang membangun bagi kemajuan siswa.
d.   Guru memberikan tugas rumah (homework) kepada siswa berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
6.    Sumber pembelajaran
a)    LKS (English Students Worksheet for Innovative Learning)
b)   An Example of Personal letter from http//www.google.com//
7.    Penilaian (Reading)
·         Bentuk: Questioning
8.    Evaluasi
Kisi-Kisi Soal
5
Reading
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam essay pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk Personal Letter
Siswa mampu dengan benar:
1.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.
2.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
3.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
4.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.
5.      Mengidentifikasi acuan kata tertentu dalam teks dengan benar.  






Presentasi tulisan
No
Elemen yang dinilai
Skor Maksimal
Penilaian
Peserta didik
1
Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam personal letter.


25

2
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

3
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

4
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam personal letter.

25

5
Mengidentifikasi acuan kata tertentu dalam teks dengan benar. 


25


Total Skor
100



Padang, 20 September 2011
Mengetahui,
Kepsek                                                                                   Guru Bahasa Inggris,


                                                                                                   (Ilga Sunanda)

Minggu, 29 Januari 2012

Ten Beautiful Places in This World


Bumi adalah tempat yang indah, dan dengan munculnya teknologi tempat-tempat yang terpencil dan tersembunyi telah ditemukan dan membuka mata dunia. Tidak semua orang bisa bepergian ke tempat-tempat yang indah; namun internet mampu memberikan informasi dan gambar visual tentang tempat-tempat yang belum dikunjungi, dan itu semua menjadikan kita mengetahui bahwa planet kita memiliki berbagai "keajaiban" alam yang sangat indah. Saya menemukan di tempat tempat eksotis di beberapa daerah yang paling unik di seluruh dunia. Daftar keindahan alam ini dibuat oleh orang-orang yang telah meneliti dan mengunjunginya. 

Ada sebuah tempat wisata menarik di Turki yang disebut kastil kapas (cotton castle), atau dalam bahasa Turki "Pamukkale". Lokasinya di Provinsi Denizli, di lembah Sungai menderes, merupakan situs alam berisi air panas. Bentuknya menarik, berupa teras mineral karbonat. 

Di Pamukkale juga terdapat museum berisi sejarah artefak dari Hierapolis, artefak dari Laodiceia, Kolose, Tripoli, Attuda dan kota-kota lain dari Lycos (Çürüksu) lembah. Selain itu, koleksi museum juga berisi artefak yang ditemukan di Beycesultan Huyuk yang mencakup beberapa contoh yang paling indah dari Zaman Perunggu.

9. Sembilan neraka Beppu Jepang
Beppu adalah rumah bagi lebih dari 2800 hot springs dan ditemukan di pulau Kyushu. Neraka sembilan dari Beppu adalah beberapa mata-mata yang lebih unik di daerah. Neraka 1 adalah Umi Jigoku berarti "laut neraka". Kolam renang pirus biru dan cukup panas untuk rebus telur. Hell 2 adalah Oniishibou, berarti "kepala gundul neraka" dan mendapatkan lumpurnya nama dari merebus abu-abu. Lumpur gelembung ke permukaan dan menyerupai mencukur kepala bhikkhu. Neraka 3 adalah Shiraike Jigoku berarti "kolam putih neraka" dan diisi dengan air putih yang disebabkan oleh kalsium tinggi konsentrasi mendidih. 
Neraka 4 adalah Yama Jigoku berarti "Gunung neraka. Yama Jigoku dibuat oleh lumpur yang memuntahkan begitu banyak bahwa hal itu menciptakan sebuah gunung kecil yang dikelilingi oleh kolam kecil. Neraka 5 adalah Kamada Jigoku "memasak panci neraka". Ini adalah koleksi mendidih mata air panas yang diapit oleh setan merah patung yang tampil sebagai koki. Neraka 6 adalah Oniyama Jigoku, berarti "devil's gunung neraka". Oniyama adalah sebuah aliran sungai yang sangat kuat yang dapat menarik 1 ½ melatih mobil, dan juga rumah bagi sekitar 100 neraka buaya. Neraka 7 adalah ketika menghampiri Kinryu Jigoku "golden dragon neraka". 
Musim semi ini ditampilkan dengan naga mengepul. Uap disediakan oleh uap musim semi dan diarahkan keluar dari lubang hidung naga. Naga memberikan ilusi terbang ketika air spouts saat matahari terbit. Neraka 8 adalah Chinoike Jigoku, berarti "darah kolam neraka". Chinoike mendapatkan namanya dari air berwarna kemerahan terang yang disebabkan oleh besi (besi yang mengandung) mineral di kolam. Neraka 9 adalah Tatsumaki Jigoku, berarti "moncong neraka". Tatsumaki adalah geyser yang spouts setiap 30 menit dan memiliki suhu sekitar 105 derajat Celsius. 
8. Sanqingshan Cina
Sanqingshan telah dianggap sebagai tempat suci. Digunakan oleh penganut Taoisme untuk meditasi, dan percaya untuk memimpin untuk keabadian sangat mudah untuk melihat mengapa. Sanqingshan adalah diselimuti kabut untuk 200 hari tahun. The mist memberikan kualitas dunia lain ke gunung, bersama dengan ribuan aliran yang tuangkan ke dalam kolam renang, formasi granit yang mirip siluet manusia, hewan, dan pohon-pohon pinus yang berbentuk aneh. 

Kolam renang dan vegetasi menciptakan lingkungan yang unik yang memikat banyak eksotis dan langka burung dan binatang untuk membuat rumah mereka di sana. Sanqingshan adalah rumah bagi sekitar 2.500 tumbuhan. Ini adalah salah satu tempat hanya untuk menemukan tanaman yang digunakan dalam membuat obat tradisional Cina.

7. Plain Botol Laos
Plain botol adalah salah satu misteri arkeologi tertua di Asia Tenggara. Terletak di dataran tinggi Xieng Khouang, di pegunungan Indochina, ada sekitar 90 situs botol-botol yang berbeda. Situs masing-masing berisi 1 untuk 400 stoples. Diperkirakan bahwa mereka diciptakan 3.000 tahun yang lalu, dan terbuat dari batu pasir, batu kapur, granit, breccias dan konglomerat, dengan mayoritas yang terbuat dari batu pasir. Guci tertinggi adalah sekitar 9 ft tinggi dan semua terbuat dari lempengan batu mereka sendiri individu. Pada pandangan pertama mereka tampaknya sembarangan ditempatkan, dengan beberapa berdiri tegak dan lain-lain pada sisi, menunjuk dalam arah yang berbeda. 
Studi lanjut mengungkapkan bahwa botol ditempatkan di posisi yang membentuk pola-pola rasi bintang-bintang. Telah ada banyak spekulasi tentang tujuan stoples-minum gelas untuk lomba raksasa, yang digunakan untuk mengumpulkan air hujan, atau sebagai pemakaman guci. Botol umumnya kosong, tetapi beberapa telah ditemukan dengan tubuh atau alat-alat di dalam, atau diisi dengan miniatur Buddha patung. Eksplorasi sulit sebagai wilayah dikotori dengan bom belum dari perang rahasia.
6. Melihat Danau Osoyoos British Columbia Kanada
Melihat Danau Osoyoos adalah bangsa pertama Okanagan Valley India. Osoyoos berarti penyempitan perairan di Okanagan bahasa, dan digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi ke danau. Danau adalah danau endorheic Salin, yang berarti tubuh tertutup air tanpa keluar atau aliran dari badan-badan air lainnya. Danau memiliki berkonsentrasi tinggi banyak mineral yang berbeda, dan berisi beberapa jumlah tertinggi magnesium sulfat, kalsium dan natrium sulfat di dunia. Terdapat delapan mineral lain yang lebih rendah di dalam air, termasuk sejumlah kecil perak dan titanium. 

Mineral di Danau sangat bermanfaat, dan ditambang selama Perang Dunia I digunakan dalam pembuatan amunisi untuk perang. Mineral adalah apa yang memberi Danau keunikannya. Selama musim panas, ketika air menguap, tempat dibentuk yang memiliki warna yang berbeda tergantung pada mineral yang ada paling. Tempat mengkristal dan membentuk trotoar warna yang berbeda. Warna dapat putih, kuning, biru atau hijau. Danau ini milik swasta dan mereka memungkinkan akses publik yang sangat sedikit.

5. Chamarel Falls dan bumi berwarna Mauritius
The Republic of Mauritius adalah sebuah negara Kepulauan yang terletak di pantai tenggara Afrika. Ini adalah bagian dari Kepulauan yang terbentuk dari gunung berapi bawah laut yang sekarang aktif. Mauritius adalah rumah bagi dua keajaiban alam. Yang pertama adalah Chamarel Falls, yang tipis tiga air terjun yang jatuh sekitar 300 kaki ke sebuah dataran tinggi. Mereka adalah air terjun tertinggi di Mauritius. Mauritius sekali terkenal hanya dengan air terjun, kemudian di tahun 1960-an, bukit-bukit pasir berwarna ditemukan. Pasir berwarna dibuat dari tanah liat yang terbuat dari lava cooling off pada waktu yang berbeda. 

Efek yang disebabkan 7 warna yang berbeda dari pasir untuk membentuk; mereka termasuk merah, brown, violet, hijau, biru, ungu dan kuning. Aspek yang paling unik pasir adalah kenyataan bahwa jika Anda mengambil semua warna dan campuran mereka bersama-sama, mereka akan secara alami terpisah dan bergabung dengan warna benar pengelompokan bahwa mereka menjadi milik. Bagaimana ini terjadi adalah suatu misteri untuk ilmuwan yang telah mencoba untuk memecahkan sifat aneh pasir. Misteri lain pasir adalah bahwa erosi tidak terlihat. Wilayah ini memiliki musim hujan berat sehingga erosi harus efek yang pasti alam. 

4. Rio Tinto Spanyol
Rio Tinto membentang dari pegunungan Sierra Moreno ke Teluk Cádiz, di Huelva, Spanyol. Rio Tinto diterjemahkan ke dalam sungai merah dan inilah bagaimana sungai muncul. Tingkat tinggi dari besi dalam air menyebabkan pewarna merah sungai. Sungai telah ditambang untuk tembaga, emas dan perak dari zaman kuno, dan terus hari ini. 

Rio Tinto memiliki pertambangan tertua di dunia, yang diyakini dongeng King Solomon's mines. Karena semua pertambangan, sungai memiliki kandungan asam tinggi dan adalah rumah bagi organisme yang bertahan dalam kondisi ekstrim. Hal ini telah menyebabkan studi ilmiah sungai, yang digunakan dalam studi Danau bawah tanah Mars dan Jupiter. Link ke luar angkasa tampaknya tepat, sebagai wilayah Rio Tinto memiliki seorang asing lunar seperti pemandangan. Pertambangan telah menciptakan dinding batu bertingkat yang telah dibentuk amphitheater alami. 

3. Terbang Geyser Reno Nevada
Geyser terbang secara tidak sengaja dibuat pada tahun 1916 saat pengeboran sumur untuk air, meskipun mereka tidak mulai membentuk hingga 1960. Tempat yang mengambil memiliki wilayah geotermal tidak diketahui. Air panas akhirnya menemukan tempat yang lemah di dalam sumur dan mendorong dirinya ke permukaan. Mineral mulai membangun untuk membuat mini gunung berapi sekitar 5 ft tinggi, dengan lapisan teras. 

Teras memiliki warna yang berbeda dari mineral dalam air dan air panas bumi telah menemukan titik-titik lemah yang lebih untuk membuat dua Geyser yang lebih dekat. Air spouts terus-menerus mengisi lubang dan hollows di teras, untuk memberikan wilayah yang terlihat nyata. Air di mana tidak ada banyak air untuk mulai dengan telah menarik angsa, itik dan binatang lain ke daerah. Ikan juga berenang melalui kolam, diperkenalkan oleh manusia yang tidak diketahui menjatuhkan telur di dalam air.

2. Vale Da Lua Brazil
Vale Da Lua adalah cekungan batu yang telah mengukir oleh San Miguel River. Nama ini diterjemahkan menjadi lembah bulan dan diberi nama itu karena erosi batuan oleh sungai telah meninggalkan mereka halus, dan dalam warna abu-abu yang mirip dengan tampilan bulan. Lembah memiliki beberapa formasi batuan tertua di dunia, dengan berusia sekitar 1,8 miliar tahun. 

Sungai telah menciptakan grottoes, gua-gua, air terjun dan formasi batuan aneh, untuk membentuk sebuah labirin di dinding ngarai yang sempit. Dilihat dari ruang, wilayah ini paling cemerlang di bumi. Kuarsa dan kelancaran batu menyebabkan cahaya. Hutan sekitarnya berlimpah dengan satwa liar dan meletakkan klaim untuk banyak jenis anggrek. Sungai telah membuat wilayah pekerjaan yang sedang berjalan, terus mengikis dan mengubah lanskap.

1. Caño Cristales Kolombia



Sungai ini (Crystal River / Cano Cristales) letaknya di pegunungan Serranía de la Macarena, Columbia. Untuk mencapai tempat ini belum ada kendaraan modern yang bisa digunakan (kecuali helikopter, mungkin?). Jadi, harus menggunakan kuda, keledai, atau paling murah: jalan kaki.

Keindahan Crystal River biasanya terjadi saat musim pancaroba (peralihan) antara bulan September-November, sungai ini menjadi berwarna-warni. Mengapa bisa begitu? Banyaknya ganggang dalam air yang menghasilkan warna meriah mulai dari yang paling dominan: merah, hingga hijau, biru, kuning, pokoknya seperti pelangi.

Karena keindahan warna yang tampak pada aliran sungai ini, maka Crystal River mendapat julukan "Sungai Lima Warna", yang lainnya menyebut "The Liquid Rainbow" dan "The River That Ran Away From Paradise".




Itulah sepuluh keindahan alam yang dimilki oleh Planet Kita, yaitunya: Bumi. Semoga Menambah Wawasan Saudara. 


Sumber: http://forum.vivanews.com/image-only/276464-10-tempat-indah-di-planet-bumi.html

Sabtu, 21 Januari 2012

Download The Music That You Like here

Silahkan Pilih lagu yang kamu suka dari daftar dibawah ini, dijamin GRATIS gan..
 West Music
1. DOWNLOAD Katy Perry-I kissed A girl
2. DOWNLOAD NickelBack-So Far Away
3DOWNLOAD ColdPlay Feat Rihanna-Princess of China
4DOWNLOAD Bruno Mars- It will Rain 
5. DOWNLOAD Rodney Atkins- Take a back Road 
  Indonesian Music
1. DOWNLOAD Sammy Simorangkir-Kesedihanku
2. DOWNLOAD Ayu Ting2-Sik Asik 
3. DOWNLOAD 7 Ikans- Andeca Andeci
4. DOWNLOAD Syahrini-Sesuatu
5. DOWNLOAD Agnes Monica-Rindu
    Mudah2 an ada salah satu lagu yang pengen kamu cari di daftar List ini.
    :-)


Contoh Soal Ulangan Harian Bahasa Inggris Kelas IX Semester 1

DAILY TEST II
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 10 Padang
Kelas / semester       : IX / I
Hari / Tanggal           : Selasa/ 25/ 10/2011

Choosethecorrect answer by crossing (x) a, b, c, or d
Dialogue I for number 1-4
Riska   : Could you borrow me your hand phone?
Tina     : Sure, please do.
Riska   : How kind you are
Tina     : Don’t mention it
Riska   : Excuse me, can you teach me how to use it?
Tina     : First, press the unlock key, and then dial the number you want to call.
Riska   : I can’t still operate yet. What’s the matter?
Tina     : I’m not certain. Let me see
Oh….. You have to press and hold several time at this button to release the unlock key.
After that, dial the number and press O.K?
Riska   : I’ll try it.
Tina     : Does it work?
Riska   : Yes, thanks, here you are.
Tina     : You are welcome.
1.    The expression, “Sure, please do” means…………………
a.    Tina may borrow the hand phone                   c. Riska may borrow the hand phone
b.    Tina has to borrow the hand phone                d. Riska can not borrow the hand phone
2.    Can Riska operate the hand phone at first?
a.    Yes, of course.                                               c. Yes, she does
b.    Yes, she can.                                                 d. Riska can not operate it at first.
3.    Tina is not sure about the trouble of her hand phone. How does she say to express her uncertainty?
a.    I’m not certain                                                 c. First, press unlock key.
b.    Don’t mention it                                              d. Sure, please do.
4.    The topic of the dialogue is borrowing………………….
a.    USB                b. Handy cam               c. Hand phone            d. Digital camera
5.    Ridwan    : Rara, how about our plan tomorrow? Can you take part?
Rara          : I can’t……. yet. I have many homeworks to do
 a. sure                  b. certain                      c. know                      d. decide                                                        
6.    In the day is hot, while night…… cold.
a.    are                   b. feels                         c. feel                          d. be
7.    ….. the table. It’s very dusty.
a.   dust                  b. dusty                        c. to dust                    d. duster
8.    My pencil is blunt, ……. it please.
a. Sharpen             b. to sharpen                c. sharpening               d. sharpened
9.    Please, be quite and…… your mouth. 
    a. Shut                   b. is shut                      c. shuted                      d. to shut
10.    ….. the window! I feel very cold
a.       close               b. closing                      c. to close                   d. closed

Text I for number 11-13
Ommar Kebab
Ingredients:
-     Cubes of lamb                           - Onion                        - Ommar seasoning mixture
-     Squares of green pepper            - Salad
Steps:
-     Cut onions into quarters
-     Put cubes of lamb, squares of green pepper, and onion squares on bamboo skewers and marinate them in Ommar seasoning.
-     Grill them
-     Serve them with a salad (curry like seasoning from india)

11.    The writer writes the text to…………
a.       inform how to serve a salad                           c. tell how to make Ommar Kebab
b.      explain how to make a salad                          d. discuss how to make cubes of lamb
12.    We need…….. ingredients to make Ommar Kebab
a.       Three                                                              c. five
b.      Four                                                                d. six
13.    The word “them” in the second step refers to……………
a.       squares of green pepper and onions               c. cubes of lamb and onions.
b.      onion, bamboo skewers, and salad                d. cubes of lamb, onions, and squares of green pepper
14.    Computer can keep data
Computer can process data
Good combinations of the sentence are……….
a.    Computer can keep data and can  process data
b.    Computer can not only keep data and can process data
c.    Computer can keep data but also process data
d.   Computer can not only keep data but also process data
15.    Arrange the jumbled sentences below into a good paragraph!
1. The Radio programs go from the radio station to transmitter
2. What is the radio station?
3. They go in the air to your house and your radio takes them air.
4. A lot of people work in the radio station
5. It’s the place that the radio programs came from
6. How do the radio programs get to your house?
The best arrangement of the paragraph is………………….
a.       1-3-6-5-4-2                                         c. 2-5-4-6-1-3
b.      3-2-1-5-4-6                                         d. 4-1-2-3-5-6

Text II for number 16-18
Steps:
-   Power off  the phone
-   Remove battery and other external power connection
-   Insert sim card into sim card socket
-   Turn on your phone
-   Install sim card to your phone
-   Sim card is ready to use
16.    What is the goal of the text?
a. How to turn off phone                                   c. How to install sim card to phone
b. How to use hand phone                                d. How to remove phone’s battery
17.    How many steps are there?
There are….. Steps
a.    3                                  b. 5                              c. 4                              d. 6
18.    What should we do before “insert sim card into sim card socket”?
a.    Turn on your phone
b.    Remove battery and other external power connection
c.    Power off the phone
d.   Install sim card to your phone
19.    Which is the correct imperative sentence below?
a.       Cut down the paper                                       c. Put your motorcycle away
b.      Turn out your computer off                            d. Take on your book
20.    Ratna: Can you…….. the radio please?
I want to listen news
Galih : Yes, I can
a.    Turn on                                                            c. Turn over
b.    Turn off                                                           d. Put off



= GOOD LUCK=