Senin, 16 Januari 2012

Contoh Rpp Listening Procedure Text

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMP N 10 Padang
Mata pelajaran       : Bahasa inggris
Skill                          : Listening
Kelas / semester      : IX / 1
Pertemuan  ke         :
Alokasi waktu         : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi
2. Listening
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana, akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk report advertisement.  

Indikator pencapaian
1.    Mengidentifikasi makna dalam teks advertisement.
2.    Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks advertisement.
3.    Mengidentifikasi tujuan dari teks advertisement
4.    Merespon kosa kata-kosa kata yang berhubungan dengan advertisement.

I.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa di harapkan mampu:
a. Mengidentifikasi makna dalam teks advertisement
b. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks advertisement.
c. Mengidentifikasi tujuan dari teks advertisement
d. Merespon kosa kata-kosa kata yang berhubungan dengan advertisement.

II.      Materi Pokok/Teaching Material
Kosa kata penting yang berhubungan dengan advertisement/mass media:
a.       Journalist                          e. Inspiration
b.      Headline news                  f. Reporter
c.       News boy                        g. News
d.      Publisher                          h. Interview
Contoh dari advertisement:
                                   Big Gulp
Ice Cream Big Gulp
  • It is made from melon
  • Make you fresh again
  • Only Rp. 3000,-
  • Available in canteen of SMP N 10 Padang
Ice Cream Big Gulp!
All about nature

Answer the questions while listening to the teacher!
1. What is the name of this product?
2. What is the flavor of this product?
3. What is the price of it?
4. Where can you get it?
5. What does the text about?
6. What is the purpose of the text?
III.   Alokasi waktu :  2 x 40 menit
IV.   Technique/ Method : Contextual Teaching learning (CTL)
V.      Teaching Learning
1.      Pre-Activities
a.       Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Greet the students
Ø  Check the attendance list of class
b.      Guru mereview materi sebelumnya
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
e.       Guru memperdengarkan kosa kata yang berkaitan dengan advertisement.
f.       Guru memperlihatkan sebuah contoh advertisement/gambar
g.      Guru memperdengarkan sebuah advertisementyang berhubungan dengan gambar. 

2.    Whilst activities
· Explorasi
a.    Siswa mendengarkan teks advertisement
b.    Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan.
c.    Siswa disuruh untuk membuat jawaban mereka di papan tulis.
· Elaborasi
a.    Siswa dengan dibimbing guru bersama-sama untuk mendiskusikan jawaban mereka.
b.    Siswa dan guru mendiskusikan tentang tujuan dari advertisement
c.    Siswa dan guru mendiskusikan tentang inti dari advertisement tersebut.
·  Konfirmasi
a.    Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas didalam LKS
b.    Guru menyebutkan kembali tentang tujuan dari advertisement
c.    Guru meminta siswa untuk membandingkan perbedaan antara brochure dan advertisement.
d.   Siswa mendapat feedback dari guru.
e.    Guru memberikan apresiasi atas pencapaian siswa.
3 Post activities
a.    Guru memandu siswa membuat rangkuman pelajaran berdasarkan pemahaman mereka sendiri.
b.    Guru memberikan penilaian atas pencapaian siswa.
c.    Guru memberikan komentar yang membangun bagi kemajuan siswa.
d.   Guru menanyakan kesulitan siswa dalam belajar.
e.    Guru memberikan tugas rumah (homework)

VI.             Sumber / Bahan / Alat
·         LKS (English Students Worksheet for Innovative Learning)
·         Gambar dan teks yang relevan
·         Teacher’s creativity
VII.          Penilaian
              Listening
§  Bentuk : Pertanyaan lisan
§  Kriteria Penilaian:
ü  Listening for specific information
ü  Obtaining general idea of what is being said
ü  Recognition of function of structure
ü  Interpreting
ü  Comprehension

           Presentasi lisan (listening)
No
Element yang dinilai
Skor maksimal
1.       
Merespon kosa kata yang berhubungan dengan advertisement/mass media dengan benar
20
2.       
Menemukan informasi tersurat yang ada dalam teks
40
3.       
Menemukan tujuan dari teks.
40

Total Skor
100

  Evaluasi
  Kisi-kisi soal
NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
2
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana, akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbentuk report advertisement. 
Siswa mampu:
·  Merespon kosa kata yang berhubungan dengan advertisement/mass media dengan benar
·  Menemukan informasi tersurat yang ada dalam teks
·  Menemukan tujuan dari teks.



Padang, 10 Oktober 2011
Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                 Guru PL,


(Warini, S.Pd)                                                                            (Ilga Sunanda)








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Nama:
Alamat: